TK Santa Maria Immaculata Tabanan didirikan pada tanggal 1 juli 1987 Sekolah TK ini berada diwilayah paroki St. Maria Immaculata - Tabanan yang beralamat di jalan Diponegoro no.9 Tabanan. TK Santa Maria Immaculata ini pada awalnya adalah milik paroki Tabanan yang dikelolah oleh para suster Alma dari Malang dengan nama TK Santa Maria dimana kehadiran mereka adalah untuk membantu Diosesan dan paroki pada waktu itu.

Perjalanan awal setelah terpisah dengan Yayasan Bakti Luhur (suster Alma Malang) sempat menimbulkan keberatan orang tua murid namun mereka tetap menyekolahkan anak di TK Santa Maria Jl. Diponegoro no.9 dan tidak menyetujui perpindahan ke Taman Sari (suster Alma) dengan alasan tempat dan halaman sempit.

Karena dalam pleno DPP Tabanan tersebut hadir juga Sr. M. Humiliata, PRR yang pada waktu itu berkarya di stasi Piling, maka suster diminta kesediaannya untuk mendampingi para guru TK diawal tahun ajaran baru.

Seiring perjalanan waktu, Rm. Damianus Djanggur, Pr mendekati Uskup Denpasar agar bisa menghadirkan suster kongregasi PRR di Tabanan. Atas kerjasama pihak paroki dan keuskupan sekolah ini berjalan baik ± 3 tahun, dan diharapkan agar dapat di kelolah oleh Yayasan Swastiastu yang pada waktu itu di bawah pimpinan Rm. P. Mariama, SVD untuk dikelolah lebih baik.

Pada tahun 1991 sekolah ini resmi berjalan di bawa Yayasan Swastiastu dengan jumlah murid:
• Murid lama: 26 anak
• Murid baru: 20 anak

Yang dipimpin oleh Sr. M. Salvatora, PRR sebagai kepala sekolah. Sekolah yang pada awal perjuangan cukup sulit dan penuh pengorbanan oleh para tokoh-tokoh yang berperan ini ternyata mempunyai daya tarik dan pengaruh yang besar bagi masyarakat sekitar Tabanan, sehingga dari tahun ke tahun jumlah murid semakin meningkat dan pada tahun pejajaran 2013/2014 jumlah murid mencapai 261 siswa. Siswa tidak hanya berasal dari sekitar kota tabanan tapi juga datang dari desa desa yang cukup jauh seperti Penebel dan sekitarnya.

Pada bulan Februari 2000 terjadi perubahan nama Yayasan dari Yayasan Swastiastu menjadi Yayasan Insan Mandiri Denpasar. Sedangkan nama sekolah adalah "TK Santa Maria Immaculata" sesuai dengan pelindung Gereja paroki Tabanan. Nama-nama kepala sekolah yang pernah menjabat di sekolah ini adalah

  1. M. Salvatora, PRR dari Juli 1991 s/d 10 Agustus 1999
  2. M. Goretti, PRR dari November 1999 s/d Juni 2006
  3. M. Victoria, PRR dari Juni 2006 s/d Juli 2012
  4. M. Zita, PRR dari Juli 2012 s/d Juli 2013
  5. Sr. M. Roscella, PRR dari Juli 2013 sampai sekarang